Halo,

Pembaca

Download our available apps

Apple IoS KabarBola.id Android Apps KabarBola.id
Laga Gengsi di Grup F, Mampukan Portugal Tampil Maksimal?
Laga Gengsi di Grup F, Mampukan Portugal Tampil Maksimal
Timnas Portugal di Piala Eropa 2020.

KabarBola - Nasib juara bertahan Portugal di Piala Eropa 2020 masih belum aman. Meski banyak berpendapat Ronaldo Cs ini, tetap lolos ke 16 besar Piala Eropa 2020 sekalipun kalah dari Prancis di matchday pamungkas Grup F Piala Eropa 2020 yang berlangsung di Stadion Puskas Arena, Budapest, Hungaria, Kamis 24 Juni 2021 dini hari WIB. Lantas, bagaimana hitung-hitungannya?

Kini, Portugal duduk di posisi tiga Grup F dengan koleksi tiga angka dan mempunyai selisih gol +1.Sementara Prancis berapa di posisi puncak dengan poin 4, disusul Jerman (3) dan Portugal (3), Hongaria (1).

Sekadar informasi, dari enam tim peringkat tiga, empat di antaranya berhak lolos ke 16 besar Piala Eropa 2020 lewat jalur peringkat tiga terbaik. Karena itu, kekalahan 0-1 dari Prancis masih akan meloloskan Portugal ke babak 16 besar Piala Eropa 2020.

Jika kalah dengan skor 0-1 atau selisih satu bola, selisih gol Portugal adalah 0. Hal itu sudah lebih baik ketimbang Finlandia dan Ukraina yang menempati posisi tiga di Grup B dan C. Sekadar informasi, Finlandia menutup Grup B dengan koleksi tiga angka, namun dengan selisih gol -2.

Sementara Ukraina, finis di posisi tiga Grup C Piala Eropa 2020 dengan tiga angka dan memiliki selisih gol -1. Bagaimana jika Portugal kalah 0-2 dari Prancis? Selisih gol mereka adalah -1, sama persis dengan Ukraina.

Hasil ini masih akan meloloskan Portugal ke babak 16 besar Piala Eropa 2020. Sebab, Portugal mencetak gol lebih banyak gol ketimbang Ukraina. Saat ini. Portugal mencetak lima gol dan masih bisa bertambah, sedangkan Ukraina hanya empat.

Bagaimana jika Portugal kalah 0-3 dari Prancis? Jika kalah 0-3 atau dengan selisih tiga gol, Portugal pun masih bisa lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2020, mengingat mereka mempunyai selisih gol -2 sama seperti Finlandia, tapi unggul dalam jumlah gol (lima berbanding satu).

Namun, syaratnya agak sulit. Portugal mesti berharap di grup lain Slovakia mengalahkan Spanyol dan Swedia menumbangkan Polandia. Jika hal ini terjadi, Swedia akan finis sebagai juara Grup E dengan tujuh poin, disusul Slovakia (enam), Spanyol (dua) dan Polandia (satu).

Jika kondisi di atas terjadi, empat tim yang lolos melalui jalur peringkat tiga terbaik adalah Swiss yang mengoleksi empat angka, disusul Republik Ceko (empat), Ukraina (tiga) dan Portugal (tiga).

Akan tetapi, bukan Portugal namanya jika menunggu hasil pertandingan lain. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan dipercaya akan tampil habis-habisan demi menyegel posisi satu atau dua Grup F Piala Eropa 2020.

(MR)
Komentar Piala Eropa